Tips & Trik Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Cara mengatur keuangan adalah salah satu poin penting yang harus dimiliki seorang Ibu rumah tangga atau bendahara dalam keluarga. Dengan sukses mengelola keuangan keluarga, maka akan menciptakan suasana yang harmonis. Oleh karena itu, berikut akan dijelaskan menganai bagaimana sih cara mengatur keuangan rumah tangga agar tujuan keuangan keluarga tercapai.


Pentingnya Mengatur Keuangan Keluarga

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik dan benar, Anda harus memahami betul pentingnya mengatur keuangan rumah tangga. Berikut beberapa poin manfaat yang didapatkan jika dapat mengatur keuangan dengan baik.

1. Kebutuhan Terpenuhi

Mengatur keuangan keluarga dengan tepat sasaran untuk kebutuhan pokok atau tersier, sehingga perlunya mengatur keuangan secara teratur.

2. Meningkatkan Cashflow

Dengan melakukan perencanaan dan monitoring keuangan keluarga akan semakin mengetahui detail kebutuhan. Dengan demikian akan mendorong keluarga untuk meningkatkan cashflow agar keuangan tercapai 

3. Membantu dalam membuat keputusan keluarga

Yup, dengan teraturnya melakukan pengaturan keuangan sejak dini membantu keluarga membuat keputusan untuk rencana atau tindakan kedepannya baik terhadap rencana liburan, pendidikan atau kebutuhan tersier lainnya.

4. Berperilaku hemat

Hemat pangkal Kaya adalah peribahasa yang sejak kecil terus terngiang dikepala kita, ya benar saja dengan hemat kita akan semakin fokus untuk mennggunakan uang untuk sesuatu hal yang perlu dan membantu kita mencapai target keuangan kita

5. Terhindar dari rasa takut kekurangan uang

Pengelolaan finansial yang teratur akan mempengaruhi ketentraman rumah tangga. Keluarga dengan dana darurat yang siap akan menjalani hari-hari lebih aman. Sebab jika terjadi krisis ekonomi tak terduga seperti pandemi, mereka tetap memiliki dana darurat.Pengelolaan finansial yang teratur akan mempengaruhi ketentraman rumah tangga. Keluarga dengan dana darurat yang siap akan menjalani hari-hari lebih aman. Sebab jika terjadi krisis ekonomi tak terduga seperti pandemi, mereka tetap memiliki dana darurat.



Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga 

Setelah mengetahui pentingnya mengatur keuangan rumah tangga, berikut beberapa cara yang dapat adopsi pada lingkup keluarga Anda;

1. Mengetahui Pemasukan & Pengeluaran

Anda perlu memastikan bahwa pengeluaran tidak lebih besar dari pendapatan. Anda perlu mengetahui untuk setiap pengeluaran rutin bulanan apakah terkait dengan biaya listrik, internet, belanja bulanan dll. Dengan mengetahui setiap pengeluaran, Anda akan semakin matang dalam mengalokasikan keuangan keluarga. Download Aplikasi Bukukede atau daftar dari sini untuk mencatat pengeluaran dan pendapatan.

2. Mencatat setiap Pengeluaran

Dengan mencatat setiap pengeluaran dengan baik bahkan dengan pengeluaran sekecil apapun dengan besaran ribuan, Anda dapat mengontrol arus keuangan, apabila pengeluaran membengkak jauh dari rencana awal Anda dapat dengan segera evaluasi dan mengambil tindakan cepat. Yuk catat sekarang, belum ada kata terlambat

3. Merencanakan belanja bulanan dengan matang

Cara mengatur keuangan rumah tangga dapat dilakukan dengan membuat rencana anggaran bulanan secara tertulis. Daftar pengeluaran dibuat list dengan dua kategori. List pertama terkait kebutuhan primer, sedangkan kedua list kebutuhan tersier.

4. Hemat Pengeluaran untuk Aktifitas yang tidak perlu

Aktivitas selalu mempengaruhi keuangan. Sehingga cara mengatur keuangan rumah tangga agar hemat dengan melakukan beberapa aktivitas secara bersamaan dapat menghemat pengeluaran.

Contoh lain dengan mengendarai sepeda jika jarak rumah dan kantor dekat. Makan siang dengan membawa bekal dari rumah.

5. Membuat Alokasi Keuangan jangka Pendek & jangka Panjang

Merencanakan keuangan bulanan tidak cukup. Anda juga harus berpikir visioner terkait kebutuhan masa mendatang apalagi inflasi terjadi setiap tahun. Penting bagi Anda untuk membuat alokasi keuangan jangka panjang dan pendek.

Buatlah list kebutuhan di masa mendatang, misalnya dana pendidikan, dana pensiun, membeli rumah dan sejenisnya. Kemudian turunkan menjadi rencana keuangan jangka pendek.

6. Investasi & Menabung

Jangan menghabiskan semua pendapatan tiap bulannya, selalu alokasikan sebagian dari pendapatan untuk Investasi dan tabungan di masa depan

7. Menahan diri untuk kebutuhan konsumtif

Biasanya uang sudah habis walau masih pertengahan bulan karena Anda tidak dapat menahan diri untuk belanja kebutuhan konsumtif. Jika Anda tidak dapat mengontrol untuk menggunakan duit Anda pada kebutuhan konsumtif, untuk itu kontrol keuangan dengan aplikasi Bukukede dapat membantu Anda menahan diri dengan memberikan notifikasi dan informasi kontrol keuangan bulananya.


Yuk, dari sekarang susun rencana keuangan Anda dan atur keuangan keluarga Anda semakin baik dengan bukukede.

Follow Us

Satrio Tower, 26th Floor Unit 1. Jl. Prof, Dr Satrio Kav. C4-Kuningan, Jakarta Selatan 12950


2022 © Bukukede. Made with by Coniolabs